Senin, 11 April 2016

Trik Jualan Bagi Pemula

JUALAN ITU PAKAI ILMU! JANGAN KAYAK KEBO ASAL NYRUDUK MELULU..
oleh : Saptuari Sugiharto
.
Tau enggak siapa itu TUKANG SAMPAH? Yang di jalanan pakai seragam orange itu? Oooh bukan mereka itu petugas kebersihan.. Tugasnya bersih-bersih.. Begitu mulia!
.
Kalau di dunia online TUKANG SAMPAH itu yang hobinya nyepam! Jualan di sembarangan tempat, gak peduli nemplok di postingan dan comment orang, main hajaaarr aja.. Akhirnya sampahnya belepotan dimana-mana, dicacimaki orang banyak pula..
.
Kalau di instagram ngeri lagi, sekali artis yang followernya banyak posting sesuatu, dalam hitungan menit itu penjual lipstik, obat jerawat, obat panu, pengurus badan, obat anti botak, money game, tas kawe, keluaaarr semua! Komentar asli cuman 20% nya.. Yang 80% tukang sampah! Tinggal si artis puyeeeng sendirian! Hehehe..
.
JUALAN ITU PAKAI ILMU! 90% ORANG TIDAK MAU DIJADIKAN SASARAN JUALAN..
.
Kalau kamu maksa, ya dagangan gak laku dan mereka jadi antipati pada dirimu..
.
Kuncinya 2:
1. Jual yang orang lain butuhkan!
2. Berikan layanan yang orang lain tidak punya!
.
Kisah Pertama,
.
Salesman mobil Legendaris dari Amerika yang namanya Joe Girard bisa menjual 4-5 mobil dalam sehari, sepanjang karirnya dia bisa menjual 13.001 mobil dari tangannya sendiri tanpa bantuan sales lain. Apa yang dia lakukan?
.
Dia selalu menyambut tamu di dealernya dengan senyuman dan tatapan positif, menjelaskan detail produknya, setiap ada penjualan dia mengantarkan langsung mobilnya, mengucapkan selamat kepada pembeli atas mobil barunya. Dia mencatat tanggal lahir mereka dan mengirimkan kartu ucapan setiap mereka ulang tahun. Targetnya? Dia selalu diingat apabila keluarga itu membutuhkan mobil baru. Dan dengan pelayanannya itu mereka merekomendasikan ke tetangga atau keluarga lainnya untuk beli mobil di dealer Joe Girard.
.
Cara promosinya unik, kadang dia rela berbaur dengan penonton di pertandingan basket atau baseball, membawa setumpuk kartu nama.. Ketika orang-orang melonjak karena bola masuk, dia ikutan melonjak sambil menebarkan ratusan kartu nama... Hehe! Sadizz dan unik..
.
Gak heran dalam sejarah dia mendapat gelar sebagai salesman mobil terbaik di Amerika.
.
.
Kisah kedua,
.
Minggu lalu Jogja diterpa angin badai, beberapa pohon tumbang di jalanan, listrik mati semalaman. Saya segera memutuskan beli genset untuk warung tengkleng saya. Ditemani manager warung saya mendatangi pusat peralatan eletronik. Ada 6 toko yang kami datangi. Dari awal ada yang kami datang dicueki, minta list harga aja lama sekali, pindah.. Gileee juragannya duduk di depan sambil ngerokok, dengan santainya mengepulkan asapnya sementara etalase itu dikelilingi banyak pembeli. Pindah lagi, di depan toko ada 3 wanita yang jadi bagian pelayanan, tampak sibuk sendiri dengan dan planga plongo.. Ketika kami tanya menunjukkan dengan jarinya.. "Itu barangnya.." Kami harus memulai omongan baru dia menjawab dengan malas-malasan!
.
Di toko terakhir ada beberapa pembeli juga, saya masuk bertemu dengan lelaki yang sudah agak tua, mungkin ini pemiliknya.. Ketika saya bilang mau beli genset, dia langsung berdiri dari tempat duduknya, keluar dari etalase. Sambil ngomong dengan gagah: "mari ikut saya, banyak pilihannya.. Bapak bisa pilih yang sesuai kebutuhan"
.
Kami diajak ke ruangan sebelah, genset dipajang berderet-deret dari berbagai merek, tanpa diminta dia menjelaskan detail satu persatu, dan merekomendasikan satu yang cocok untuk warung dengan starter otomatis.
.
Tanpa babibu.. Langsung saya bungkus satu! Pelayanan yang menyenangkan!
.
.
Kisah ketiga,
.
Namanya Avin, Mahasiswa Telkom Bandung yang nyambi jadi kurir relawan di #SedekahRombongan. Sehari-hari dia menyelesaikan skripsi, sambil mengurusi pasien-pasien duafa sakit yang tinggal di rumah singgah. Dua bulan ini dia punya tambahan kesibukan baru, menjadi reseller buku saya "KEMBALI KE TITIK NOL", hanya bermodal HP, posting di Facebook, dan di Group WA. Yang dia lakukan adalah memberi nilai tambah: "Gratis ongkos kirim untuk wilayah Bandung dan sekitarnya" itu thok.. Cukup SMS dan WA buku diantarkan ke rumah gratis!
.
Pagi ini saya menerima WAnya:
"Mass tembus 250 buku sudah, baru 7 hari di bln april .. Bismillah .. Berkat jualan buku bisa kebuka waroeng ... Walaupun kaki lima .. Apa berkat nutupi utang bunda? rasanya baru ini dagang alhamdulillah di kasih jalan sama Allah .. Dari buku mas, avin untung bersih 12,3 juta"
.
Gileee deh!
sumber : line pengusaha kampus

Tidak ada komentar:

Posting Komentar